e-Library > Berita BPN
January 01
Resensi buku : HAK MENGUASAI TANAH OLEH NEGARA (PARADIGMA BARU UNTUK REFORMA AGRARIA)

​​Buku yang ditulis oleh profesor Dr. Muhammad Bakri, SH., MS ini, merupakan sebuah disertasi yang kemudian disarikan dalam bentuk buku dengan judul “Hak Menguasai Tanah Oleh Negara dalam Hubungannya dengan Hak Ulayat dan Hak Perseorangan Atas Tanah”. Terbitan kedua buku ini telah mensarikan makna menguasai hak atas tanah oleh Negara dimana ada beberapa poin dan penenkanan yang sangat penting dimana menurut pendekatan statute approach,  conceptual approach, case approach, dan historical approach. Pertama, Pembatasan wewenang Negara yang bersumber pada hak menguasai Negara yang diatur dalam UUPA sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat 2, pasal 4 ayat 1, dan pasal 8, terhadap hak tanah dan tanah ulayat, dibatasi oleh isi hak itu, dan juga dibatasi oleh hak ulayat sepanjang kenyataannya masih ada.  Dalam praktik ternyata UUPA dikelilingi oleh peraturan yang tidak sejiwa dan sejalan dengan pemikiran UUPA (bertentangan dengan asas-asas yang termuat dalam UUPA) maka dalam tataran implementasi wewenang Negara yang bersumber pada hak tanah oleh Negara itu, seringkali melanggar hak-hak perseorangan dan hak-hak masyarakat hukum adat.

 

Kedua implementasi wewenang Negara yang bersumber pada hak menguasai tanah oleh Negara terhadap hak ulayat  dalam pemberian hak atas tanah ataupun hak pengelolaan kawasan hutan dan pengelolaan SDA seringkali terjadi pelanggaran terhadap hak ulayat masyarakat. Agar tidak terjadi pelanggaran terhadap hak ulayat maka wewenang Negara untuk mengatur pengambilan SDA, dibatasi oleh hak-hak masyarakat hokum adat yang bersumber pada hak ulayatnya. Negara cenderung mengambil hak masyarakat hokum adat tanpa persetujuan masyarakat hukum adat. Kondisi ini juga berlaku sebaliknya dimana masyarakat adat perlu memperhatikan kepentingan nasional sehingga disini titik tolak pengelolaan SDA harus mengedepankan asas keadilan dan Keseimbangan.

 

Ketiga ambiguitas (sifat mendua) dalam undang-undang sektoral semisal UUPA dan kehutanan hendaknya dilakukan kajian konflik norma (remedy, disavoal, re interpretasi, dan pembatalan) sehingga dalam berbagai peraturan tersebut terjadi harmonisasi dan implementasi peraturan tersebut membawa perubahan terhadap kesejahteraan masyarakat secara langsung.

 

March 02
Puslitbang Menuju Program Strategis BPN RI

 

Pada Rakernas BPN RI Tahun 2012, yang dilaksanakan di Hotel Mercure-Jakarta, Puslitbang BPN RI memberikan kontribusi untuk membuat dan menentukan kebijakan bidang pertanahan dalam Program Strategis BPN RI. 
Hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh Puslitbang BPN RI, diwujudkan dalam bentuk Jurnal Pertanahan, Jurnal IPTEK Pertanahan, Buku Himpunan Hasil Penelitian dan Audio Visual Penelitian.

 

March 02
Puslitbang telah Menerbitkan Jurnal Pertanahan dan Jurnal IPTEK Pertanahan

 

Puslitbang BPN RI pada tahun 2012 telah menerbitkan Jurnal Pertanahan dan Jurnal IPTEK Pertanahan.
Isi Jurnal Pertanahan merupakan pokok-pokok pikiran bagi penyusunan RUU Pertanahan, terutama pencermatan terhadap pelaksanaan: Hak Pengelolaan , Hak Ulayat Masyarakat Hukum Adat, Pemilikan Tanah untuk orang asing, dan Sinkronisasi Peraturan Perundangan Sumberdaya Alam.
Jurnal IPTEK Pertanahan mengusung tema "Percepatan Legalisasi Aset", di dalamnya disajikan berbagai kendala dan solusi realistis pelaksanaan pendaftaran tanah di berbagai daerah, termasuk ketersediaan sumberdaya manusia dan penguasaan hak-hak rakyat atas tanah di kawasan hutan.
Puslitbang BPN RI menyediakan softcopy Jurnal Pertanahan dan Jurnal IPTEK Pertanahan. Data softcopy tersebut dapat diakses atau didownload di website e-library BPN http://perpustakaan.bpn.go.id.

 

March 02
Pameran e-Library BPN pada Rakernas BPN RI

 

Pada Rakernas BPN RI Tahun 2012 yang dilaksanakan di Hotel Mercure-Jakarta, dari tanggal 26 Februari - 1 Maret 2012, Puslitbang BPN RI mengikuti pameran.
Dalam pameran ini, Puslitbang BPN memamerkan Sistem e-Library BPN yang berisi koleksi-koleksi perpustakaan. Koleksi perpustakaan tersebut berupa Koleksi Buku, Periodikal, Hasil Penelitian/Disertasi/Tesis/Skripsi, Jurnal, dan Multimedia.
Sistem e-Library BPN tersebut dapat diakses pada situs http://perpustakaan.bpn.go.id.

 

 

 Daftar Kategori

 
  
Edit
  
 
  
 
  
 
  
 
 

 E-Library BPN RI

 
About this blog
Selamat datang di E-Library BPN RI. Halaman ini adalah halaman yang berisikan berita terbaru mengenai BPN RI.

searching